Wednesday, August 8, 2018

4 8 8 Belajar Arab Tanpa Guru

MUNGKINKAH KITA BISA BAHASA ARAB MELALUI INTERNET

Tulisan ini terinspirasi dari beberapa pesan inbox dan WA yang masuk bahwa kita tidak akan bisa memahami bahasa Arab tanpa ketemu langsung guru.

Setelah lulus MAN Cisewu, Garut (SMA Islam), Abah belajar bahasa Arab sendiri (otodidak) ditemani kamus dan buku-buku dasar bahasa Arab.

Bahasa Inggris Abah saat ini masih belum bagus, tapi bahasa Arab Abah jauh lebih jelek. Kenapa? Kosakata (mufradat) masih sedikit.

Mufradat sedikit karena belajar tanpa guru? Bukan, tapi perbandingannya: belajar bahasa Inggris hampir tiap hari, sedangkan bahasa Arab hanya sekali seminggu juga sering bolos.

Tapi walaupun bhs Arab sering bolos, saat belajar private ke seorang ustadz sebuah pesantren terkenal, Abah bisa lebih cepat memahaminya. Kenapa? Karena kosakata tidak terlalu nol.

Kita tengok kakak Abah yang pernah belajar bahasa Arab di sebuah kampus Islam. Beliau setidaknya pernah mengikuti mata kuliah bahasa Arab semester satu dan dua, juga pernah ikut pesantren saat kuliah.

Kakak yang ini sukanya bhs Inggris. Pinter lho...! Hehe Jadi, tidak suka belajar sendiri bhs Arab. Hasilnya? Saat Abah nanya bahasa Arab saat ini, beliau langsung bilang "Maaf, kakak tidak bisa." Akhirnya, Abah tanya ke kakak yang jurusan bhs Arab.

Teman2 yang pernah bilang bahwa belajar bahasa Arab itu harus langsung ke ustadz, sekarang malah kalah mufrodatnya oleh Abah. Kenapa? Karena mereka tidak belajar. Hehe

Cerita ini tidak bermaksud apa2. Tidak ada niatan sombong karena my Arabicnya juga jelek ya, mau sombong apa coba...haha. Hanya Abah punya keyakinan bahwa bhs Arab itu bisa dipelajari secara otodidak (tanpa guru langsung) seperti halnya bahasa Inggris.

Agar bhs Arab kita lebih bagus, tanyakan juga jika ketemu ustadz, guru, saudara, tetangga atau siapapun saat ketemu.

Begitu.....semangat ya....! Hehe

Akhir kata, Abah mohon doa dari teman2 semua di dalam hati masing2 agar kita semua diberkahi dan dimudahkan melalui grup belajar ini.

#idaGroup.
Bitcoin Offers:
Free Bitcoin, Double Bitcoin, Bitcoin Investment, Bitcoin Trading



"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."

No comments: