Monday, January 8, 2018

Tulisan ini hanya untuk yang kesulitan bahasa saja ya...

Bila bertanya bagaimana cara Abah belajar bahasa Ida?
Jawabannya mungkin sangat membosankan bagi banyak orang. Haha.... Tapi Abah suka menjalaninya.

1. Ambil teks berbahasa Indonesia. Kemudian diterjemahkan ke English. Grammar semampunya saja. Toh nanti kertas terjemahannya juga akan dibakar. Buka kamus hampir tiap kata.

2. Kalau bosan cara pertama, ya dibalik dari Inggris ke Indonesia. Tapi sekarang lebih sering cara satu karena terasa lebih keren untuk nambah vocab.

3. Jika mood bagus, maka Abah belajar grammar, tapi sedikit saja. Bahkan Tenses juga banyak yang lupa lagi. Tolok ukur faham atau tidak, Abah memposisikan diri sebagai guru.

Jadi, setelah belajar grammar, Abah harus mampu mengajarkannya kepada orang lain walaupun hanya cara menambahkan -s/es pada verb, misalnya.

Berapa lama Abah belajar sehari? Saat ada waktu, di situlah Abah belajar English. Minimal satu kalimat (3 kata), Abah sempatkan untuk menuliskannya.

Itu saja. Gak punya cara mudah. Makanya bahasa Inggris Abah gak keren. Hehe

Teman Abah suka ada yang memberikan yang rumit-rumit, seperti idiom, slang, bahasa gaul, gaya native speaker, ungkapan tidak baku dan materi rumit lainnya. Ah Abah senyumi saja walau baru bisa vocab baku dari kamus. Yang mudah sajaaaa Abah mah. Haha

Tawaran tips buku keren, video maknyus, native speaker, kelompok diskusi tajam dan tawaran lain, Abah kurang suka. Terlalu banyak tips, praktiknya tetap saja susah. Hahaha
*
Perlu diingat juga....hehe
Sampai saat ini belum ada yang belajarnya mirip Abah. Ada yang bilang terlalu lama dan sok rajin. Meskipun demikian, Abah tetap suka cara Abah ini sampai hari ini. Dan sudah lumayan bisa jajan bala-bala dari my English skill. Hehe...

Jadi, temukanlah cara belajar yang kamu sukai, niscaya hasilnya membahagiakan. Insya Allah.

#idaGroup
Bitcoin Offers:
Free Bitcoin, Double Bitcoin, Bitcoin Investment, Bitcoin Trading



"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."

No comments: