Thursday, May 26, 2016

Harga Bitcoin Berubah-Ubah, Normalkah Untuk Bisnis?



Kehadiran teknologi itu kadang-kadang membuat orang senang, kadang-kadang membuat orang bingung hingga tak mau menerima. Begitu juga dengan Bitcoin, ada orang yang menerimanya dengan antusias, ada juga yang menolak dengan bermuka masam. Hmmmm


“Pokoknya saya tidak mau trading Bitcoin karena harganya naik/turun terus,” kata sebagian orang yang tak suka Bitcoin.

Sayangnya, mereka tidak tahu Bitcoin trading sebenarnya. Jangankan mencoba langsung, membacanya juga tidak. Tapi herannya, mereka mau mencap Bitcoin jelek. Inilah manusia…, tidak perlu aneh…!

Jawaban saya untuk harga yang berubah-ubah:
Harga berubah-ubah itu sebenarnya tidak hanya terjadi di Bitcoin, tapi di pasar nyata juga terjadi.

Misalnya, kita jualan alat-alat komputer di sebuah pasar komputer seperti Kandaga Bandung. Banyak orang berjualan barang yang sama, yaitu komputer. Tapi mereka banyak yang memasang harga berbeda-beda, bukan? Kenapa ini tidak aneh?

Bahkan ini juga bisa terjadi:
Minggu pertama, kita beli laptop seharga Rp 5 juta. Minggu kedua, kita bisa beli laptop dengan harga Rp 4,5 juta. La, kenapa turun harganya ya? Padahal di toko lain menjual Rp 5,5 juta.

Penurunan harga ini bisa terjadi ketika penjual sudah memperoleh keuntungan dari yang lain, misalnya, ia telah mendapatkan keuntungan dari penjualan handphone. Maka penurunan harga dari Rp 5 juta menjadi Rp 4,5 juta itu merupakan salah satu bentuk promosi.

Jangankan produk komputer, para pedagang di pasar tradisional juga ada yang menjual barang tanpa untung sedikitpun, bahkan rugi. Untuk apa? Untuk mempertahankan pelanggan agar tidak lari ke pedagang lain.

Misalnya: Jengkol dijual murah dengan kerugian Rp 1.000. Si pedagang akan mengambil keuntungan dari sayuran lain, misalnya harga pete biasanya dijual Rp 10.000, sekarang jadi Rp 11.000. Inilah seni dalam berdagang.

Semoga ilustrasi bisnis komputer dan jengkol di atas dapat sedikit menjawab pertanyaan: “Kenapa harga Bitcoin berubah-ubah”?

Salah satu membuat orang-orang ketakutan oleh Bitcoin adalah mungkin karena perubahannya yang sangat cepat karena sudah melibatkan teknologi informasi.

Bitcoin Offers:
Free Bitcoin, Double Bitcoin, Bitcoin Investment, Bitcoin Trading



"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."

No comments: