Monday, September 21, 2015

Cukup 3 Tashrif Saja! Bahasa Arab

Hello Katabah!
Ketika kita ingin memahami bahasa Arab tentang Tashrif yang memiliki 10 perubahan kata, maka dahulukan saja memahami 3 perubahan saja.

Perubahan kata tersebut, yaitu fi’il madhi (lampau), fi’il mudhari (saat ini dan yang akan datang) dan fi’il amar (perintah). Kenapa cukup 3 perubahan? Karena ketiga perubahan tersebutlah yang sangat sering digunakan oleh para pemula.


Bagi yang benar-benar pemula seperti saya, menerapkan fi’il mudhari dan madhi pada ke 14 isim dlammir saja sudah lumayan kesulitan. Sulitnya bukan tidak paham sama sekali, tapi suka tertukar-tukar antara satu dlammir dengan dlammir lainnya.

Namun kesulitan di atas mungkin tidak akan berlaku bagi yang rajin belajar. Saya mengalami kesulitan seperti di atas karena jarang praktek bahasa Arab sebelumnya.

Meskipun teori sudah cukup banyak yang dipahami, tapi tanpa praktek tetap saja akan sedikit susah untuk menerapkan pada berbagai mufradat (kosakata) yang berbeda.

Jadi, praktekkan saja pola tashrif sedikit demi sedikit agar mental kita tidak terlalu terbebani. Apabila ingin belajar Tashrif full seharian, maka tidak perlu mempraktekkan 10 perubahan kata, tapi cukup 2 atau 3 perubahan saja untuk diterapkan pada kosakata yang berbeda-beda.


Misal, kita harus membuat tashrif fi’il madhi, mudhari’ dan amar untuk 10 kata. Ini mungkin akan membuat kita lebih paham dan lebih ringan.

Bitcoin Offers:
Free Bitcoin, Double Bitcoin, Bitcoin Investment, Bitcoin Trading



"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."

No comments: