Friday, August 28, 2015

Cara Menguasai Banyak Bahasa Asing, Selain Bahasa Inggris

Hello Katabah!
Kalau ada yang bertanya: “Bagaimanakah Cara Menguasai Banyak Bahasa Asing, Selain Bahasa Inggris?”

Saya jawab dengan tips dari seorang jago bahasa Arab yang rumahnya dipadati buku bahasa Arab pula dan sedikit pengalaman saya sebagai pecinta bahasa.


Seorang jago bahasa Arab menyarankan agar saya menguasai satu bahasa asing dulu, baru ditambah dengan bahasa asing lain. Tips ini beliau sampaikan seiringan tips menjadi penerjemah, yakni: untuk mampu menerjemahkan dengan baik, maka kita harus menguasai kedua bahasa (bahasa sumber dan bahasa target).

Dulu, saya menangkap pesan di atas bahwa kata menguasai itu harus jago. Ternyata sekarang fakta sudah menjawab bahwa kata “menguasai” bisa saja diartikan jago salah satu bahasa asing, bisa juga memahami sebagian teori bahasa asing.

Sebagai contoh, saya baru memahami beberapa teori grammar bahasa Inggris dengan agak baik. Dengan modal ini, maka saya memiliki pola tersendiri sesuai kemampuan dan minat saya ketika ingin belajar bahasa asing yang lain, seperti bahasa Arab, Jepang dan Mandarin.

Bahkan ketika ingin membeli buku belajar bahasa juga, saya sudah memiliki kriteria buku apa yang harus saya beli. Jangankan buku, jenis kamus pun, saya sudah memiliki kriteria sendiri.

Ketika membeli buku yang tidak sesuai kriteria saya sendiri karena stoknya belum ada di toko buku, maka saya mempelajari buku bahasa asing tersebut dengan cara random, misal: dari bab 1 lompat ke bab 3, kemudian bab 9, mundur lagi ke bab 2. Meskipun mungkin bagi orang lain ini tidak sistematis, tapi saya merasa lebih nyaman daripada harus per bab yang menyebabkan mata saya cepat ngantuk.

Tidak hanya itu, ketika saya ikut les private beberapa pertemuan bahasa Arab. Saya-lah yang lebih sering mengusulkan materi apa yang ingin dipelajari pada hari bersangkutan. Kemudian guru saya menyesuaikan, apakah mungkin diajarkan atau harus ada materi sebelumnya dulu.

Ada yang punya tips lain?

Bitcoin Offers:
Free Bitcoin, Double Bitcoin, Bitcoin Investment, Bitcoin Trading



"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."

No comments: