Friday, August 28, 2015

Berhentilah Takut Bahasa Asing! Jangan Menakuti! Jangan Sok Pintar!

Hello Katabah!
Mungkin teman-teman pernah mendengar obrolan seperti ini:
“Hati-hati lho belajar bahasa Arab! Salah fathah, maka salah maknanya. Salah panjang-pendek, maka salah artinya, bahkan bisa berbahaya dan berdosa!” Ini sering saya dengar.


Kalau ungkapan di atas membuat kita semakin semangat belajar bahasa Arab, maka boleh-boleh saja dituruti. Namun kalau membuat kita takut belajar bahasa Arab, maka lupakanlah, lupakanlah dan lupakanlah!

Saya berpendapat bahwa kesalahan kita dalam membaca bahasa Arab memang bisa mengubah arti, tapi itu bukan petaka dan neraka. Kesalahan dalam satu atau dua kata ketika belajar tidak akan menjadi dosa. InsyaAllah!

Kita juga kadang-kadang suka mendengar orang salah ucap dalam bahasa Indonesia. Tapi karena sudah paham bahasa Indonesia, maka kita akan memahaminya tidak secara harfiah. Alhasil pesan sebenarnya tetap saja tersampaikan dengan benar dan dapat kita pahami.

Jadi, berhentilah takut salah satu kata dua kata! Karena Tuhan Maha Mengetahui usaha dan maksud kita. Begitu juga para ulama, seandainya mereka memiliki tingkat kearifan tinggi, maka tidak mungkin memarahi kesalahan bahasa Arab kita. Bahkan mungkin saja mereka bangga kepada kita walaupun bahasa Arab kita masih terbata-bata dan sering salah (Ini sudah terbukti oleh saya ketika ngobrol enggak nyambung dengan Syaikh dari Mesir).

Dengan demikian, beranikanlah! Jangan mau ditakuti ustadz gadungan! Jangan pula kita menakut-nakuti orang yang mau belajar bahasa Arab dengan terbata-bata!

Bitcoin Offers:
Free Bitcoin, Double Bitcoin, Bitcoin Investment, Bitcoin Trading



"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."

No comments: