Saturday, August 29, 2015

Berapa Lama Kita Menguasai Bahasa Asing Seperti Inggris?

Hello Katabah!
Ketika ingin mempelajari bahasa asing, saya biasanya bertanya kepada diri sendiri: “Berapa lama kita menguasai bahasa asing ini?”

Makna menguasai tidak bersifat kaku dan muluk. Sebagai tahap awal, makna “menguasai” bagi saya adalah tahap di mana saya mampu belajar sendiri tanpa terlalu kesulitan.

Menurut pengalamanku:

Kalau benar-benar sangat pemula, seperti saya belajar bahasa Inggris, maka harus lebih dari 1 bulan baru saya merasakan agak mudah mempelajarinya (bukan jago ya..).

Kalau sudah pernah belajar bahasa asing (seperti setelah lumayan paham bahasa Inggris, kemudian saya belajar bahasa Jepang), maka dalam waktu kurang dari sebulan, saya sudah merasakan celah-celah kemudahan untuk belajar otodidak (mandiri).

Setelah menemukan celah kemudahan biasanya semangat dan kreativitas kita untuk belajar bahasa akan semakin hebat. Tinggal tantangannya adalah seberapa keren IQ kita? Seberapa banyak waktu kita? Dan seberapa besar modal untuk membeli fasilitas penunjung seperti buku?

Jadi, memasang target tidak muluk-muluk (tapi jelas) akan menambah semangat saya untuk mempelajari bahasa asing seperti bahasa Inggris, Arab, Jepang dan Mandarin.


Pengalamanmu?

Bitcoin Offers:
Free Bitcoin, Double Bitcoin, Bitcoin Investment, Bitcoin Trading



"Bitcoin and Forex are high risk business. We must join them smartly."

No comments: