Wednesday, May 20, 2015

Blog Belajar Bahasa Inggris-Arab



Setelah sekian lama ngeblog, sekian banyak juga ide yang dituangkan di blog. Berbagai tema dan gaya telah dicoba. Namun saya mencoba satu yang tidak boleh berubah, yaitu alamat blog.

Sebelum membeli domain, memang ada beberapa alamat blog yang saya gunakan. Ada ide baru, maka saya buat blog baru. Langkah ini berjalan hampir setahun.


Namun setelah punya domain sendiri, meskipun saya kadang-kadang ingin kembali ke blog yang pertama-tama ngeblog tanpa keinginan komersial di Wordpress gratisan, saya coba untuk tidak tergiur meninggalkan katabah.com yang saat ini rajin update.

Saya berencana, Katabah harus menjadi salah satu blog yang membangun brand saya. Apapun perubahan topik artikelnya, saya harus tetap menuliskannya di Katabah.

Ini juga yang melatar-belakangi nama Katabah tidak membidik keyword tertentu, agar selalu cocok untuk semua topik artikel. He..he..

Sebenarnya saya mengawali brand blog itu dengan nama lengkap, sayang ada kesalahan pemilihan domain yang terlalu mahal dan langka di Indonesia, yaitu dot me.

Ketika ingin mengubahnya ke dot com, saya sudah punya katabah.com yang artikelnya sudah ribuan. Karena diperkirakan tidak mungkin mengisi banyak blog oleh sendirian, dengan berat hati domain nama saya tidak diperpanjang.

Sekarang saya punya satu blog utama yang sedang dirintis untuk menjadi brand personal, siapakah saya ini? Ternyata setelah setahun ini aktivitas di blog semakin menunjukkan bahwa saya ini:

1. Orang komputer karena suka membuat tutorial Microsoft Excel dan Pemrograman PHP (Semoga bisa update lagi)
2. Orang bahasa karena suka membahas Belajar Bahasa Inggris-Arab. Meskipun blog saya tidak dibuat sebagai blog profesional pembelajaran bahasa Inggris dan Arab, tapi isinya sudah ada ratusan artikel yang membahas kedua bahasa asing paling populer tersebut.

Semoga tidak banyak lagi perubahan topik agar brand blog saya semakin kokoh terbangun. Katabah.com pusat belajar bahasa Inggris dan Arab sambil santai membaca berita sosial, politik, bisnis dan selebritis. J

No comments: