Thursday, August 10, 2017

Rubrik Cerita Meymey Neng Anggun

Pengantar Dari Pak Guru Endang Kasupardi
(Pendiri Grup CH)

RUBRIK BARU DI CH bakal hadir. Nama Rubrik itu cerita Meymey. Tentu ada Neng Anggun pada rubrik ini.
Banyak cerita menarik yang menjadi latar meymey yang kita susun. Mengapa? Karena meymey adalah intisari dari sebuah cerita panjang.
Rubrik ini dengan sukarela akan diasuh oleh Pa Adji Yuswantoro yu kita nikmati cerita Neng Anggun
Setiap cerita akan berlogo ini. Eh rek dialusan deui ketang ke logona hahaha ngan geus teu kuat hayang cerita neng anggun hahaha....
***


Pengantar Dari Pak Adji Yuswantoro
(Pengasuh Rubrik)

#CeritaMeymeyNengAnggun_AYus 01
Sebenernya Anggun khan yang sama sama kita tau itu metafora dari cakep, cantik, ayu dan sebangsanya...
Awal munculnya NENG ANGGUN terlahir secara tidak sengaja dan tidak direncanakan..
Ketika ingin belajar menulis, agar tulisannya bagus tiba tiba yang terlintas di benak saya ya buku tulis Anggun, buku dimana jaman waktu sekolah SD tahun 1975 an, itu agar tulisannya bagus siswa wajib memiliki buku anggun untuk belajar menulis...
Lalu Abah Ida eh salah Abah Tasdik..., malah bilang kalau nggak kenal ama Neng Anggun kamari ieu... Jadi weh terlahir Neng Anggun teh...
#Contoh_Cerita_Meymey_NengAnggun
#BELAJAR_NULIS
Coba-coba saja belajar nulis, biar bagaimanapun sudah tergabung dalam group menulis CH, ya mau tidak mau ya harus menulis... (Kalau ngga nulis bisa di deportasi sama admin dari CH) hahahaa takut khan..!!!
Jangan di tertawakan yaa..!!
Beli buku sih sudah sering.., duluu itu juga...
Nah berkaitan dengan saat ini harus belajar nulis.., Lalu ada kawan yang kasih saran.., cuma sebelumnya si biasalah diskusi dulu, kalau bahasa anak sekolahanya mah..!!! Hahahaaa.. Keringetan nich jadinya bari jeung agak ngadekdek..
Lalu kawan kasih saran sekarang beli aja dulu bukunya..., saya cuma mengangguk aja sambil menatap wajahnya yang kurang cakep tapi manies sih... Singkat cerita dua hari kemudian ya saya beli buku seperti yang di maksud kawan dua hari lalu itu...
Malamnya lalu saya Hubungi dia.., cerita dong dengan semangat dan bangganya kalau saya sudah beli buku..
Terjadilah dialog yang begitu serius dan serulah.., kayanya sih ga akan terlupakan..
Di akhir dialog kawan bilang begini...
Sudah beli bukunya ?
Sudah dong, dua
Baca aja dulu
Baca!!??, kok baca ??
Belinya buku apa ?
Buku anggun
Borokocodoot, ko anggun?
Khan belajar nulis
#CH_AYus


Lihat di FB

Buku Catatan Harian dan Humor Meymey Yang Telah Terbit

1. Duri Cinta Menuju Doktor
Penulis: Komarudin Tasdik (FB: Tasdik)
Tebal: 350
Kategori: CH

2. Lagu-Lagu Kehidupan: Kumpulan 100 Status Facebook Iman FS
Penulis: Firman Syah (FB: Firman.torbik)
Ketegori: CH
Keterangan: Dalam proses penerbitan

Tuesday, August 1, 2017

LOMBA MEYMEY AGUSTUSAN 2017

Silahkan kirimkan 10 Meymey andalan Anda pada komentar status ini!
1. Hari ini langsung 10, boleh.
2. Tiap hari 1 Meymey, boleh (edit komentar Anda, kemudian tambahkan Meymey baru)
3. Lomba ditutup 20 Agustus 2017.
4. Jika komentar Anda sudah mendapat like dari Pak Endang Kasupardi, maka tidak boleh diedit lagi.

Meymey di sini yang akan dinilai oleh juri, Pak Dr. Endang Kasupardi.

# Rincian Juara dan Hadiah #
Juara 1:
Terpilih 10 Meymey terbaik: Pulsa 75.000, 1 Shibori, sertifikat dan buku karya Dr. Endang Kasupardi.

Juara 2:
Terpilih 7 Meymey terbaik: Pulsa 50.000, sertifikat dan buku karya Dr. Endang Kasupardi.

Juara 3:
Terpilih 5 Meymey terbaik: pulsa 30.000, sertifikat dan buku karya Dr. Endang Kasupardi.

# Info Tambahan #
1. Seluruh Meymey lomba akan dibukukan.
2. Apakah perlu nulis tiap hari? Tidak perlu. Santai saja!
3. Koleksi foto kain cantik Shibori ada di kitaabah.com.
4. Panduan penulisan Meymey ada di kitaabah dot com juga, antara lain:
a. Jumlah kata perbaris paling banyak 3 kata
b. Jumlah baris paling sedikit 4 baris
c. Jumlah baris paling banyak 9 baris

Semangat....!

Terima kasih.

#
Anda ditemani Abah bersama gitek #Meymey_Ida dan #IdaAgustusan. Jadi, prung sajah tak perlu asa-asa! Haha
***

Panduan Penulisan Meymey ada di menu Meymey blog ini.

Langsung kirim saja? Klik di sini".

Monday, July 31, 2017

Panduan Penulisan Catatan Harian

URAIAN DAN ATURAN GRUP CATATAN HARIAN
Oleh: Endang Kasupardi

A. URAIAN
Banyak tulisan dan atau karya yang disusun sebagai sebuah penggalan dan tuntas dengan penggalan itu. Padahal dalam kenyataannya tulisan berdasarkan pada kehidupan sehari-hari dan kehidupan itu terus berjalan.
Perjalanan dengan berbagai cerita, terus kita lalui, dan kita kadang lupa kapan dan bagaimana kejadian itu setelah kita lewat. Kadang kita mengulang dan terus mengulang beberapa kesalahan. Kita pun lupa kapan suatu kejadian berlangsung.
Karenanya, di sini, dengan cara sederhana dan iseng-iseng saja, disusun menjadi sebuah cerita yang menarik. Sehingga kita dapat mengatakan, hari ini kita ada di sini dan hari itu kita ada di situ dengan jawaban dan data yang tepat.
Mari kita mulai menjalani hidup ini dengan tidak melupakan satu hari pun.
B. ATURAN GRUP
1. Grup Catatan Harian menggunakan pilihan bahasa yakni; bahasa Sunda, bahasa daerah, bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa lainnya yang resmi dimiliki setiap negara.
2. Berkisah atau menuliskan tentang kegiatan sehari-hari
3. Tokoh yang diperankan pada cerita yang ditulis pada grup ini, tidak boleh hanya penulis saja, tetapi harus dua orang. tokoh ke tiga dan seterusnya hanya disebutkan inisial nama dan tidak berperan melakukan percakapan atau gerakan atau apapun.

4. Cerita yang disusun di sini harus memiliki kesinambungan antara penulis dan tokoh ke dua selain penulis. sehingga penulis hanya menyusun cerita penulis itu sendiri dengan tokoh ke dua, dari hari ke hari.
5. Jika tokoh utama adalah penulis maka penulis dapat mengubah ubah tokoh ke dua setiap cerita yang dibuat
6. Penulis dapat menentukan status penulis sebagai pemeran utama atau pemeran pembantu dari tokoh yang dikedepankan.
7. Isi cerita pada catatan harian ini, bersifat nyata namun dituturkan dengan teknik narasi. bukan hayalan.
8. Cerita yang disusun tidak menyinggung, menyindir atau menghina orang lain.
9. Cerita dapat disusun dengan lebih menarik dengan menggunakan teknik penulisan yang bagus namun lebih diutamakan mengandung makna yang dapat dipelajari dan diteladani. cerita teladan.
10. Tulisan dapat disusun secara harian atau diseusaikan dengan kejadian berlangsung antara penulis dan tokoh ke dua.
11. Batasan kalimat cerita yang disusun tidak dipertimbangkan tetapi tidak terlalu panjang, yang lebih penting makna yang ingin disampaikan sudah kena.
12. Setiap catatan harian harus menggunakan angka penomoran. #1.CH_nama akronim
13. Aturan selanjutnya menyusul dan disesuaikan dengan perkembangan situasi.
Catatan
BEGINI
Menulis cerita seperti yang saya susun pada disertasi ada tiga cara, yakni;
1. Memasalalukan (rekonstruksi) cerita yang kita buat dengan memasukan diri kita pada pengalaman lama dan menyusunnya.
2. Memasakinikan (konstruksi) apa yang terjadi sekarang dan disusunnya.
3. Memasadepankan (proyeksi) memasukan diri kita dengan memikirkan apa yang akan terjadi pada masa depan berdasarkan apa yang terjadi dan dilakukan sekarang.
*silahkan pilih type mana pada tulisan rekan-rekan. Santai saja. Mengalir seperti air.
**
GAMBARAN PENULISAN CATATAN HARIAN
catatan awal
Hari minggu yang panas. Terasa sangat lelah dan cape. Harusnya libur tapi tugas sangat numpuk dan harus segera diselesaikan
Setelah diubah menjadi catatan narasi
MATAHARI
Sebenarnya hari minggu ini sudah senja. Tapi matahari seperti tidak mau lepas memandangku. Bahagia melihatku berpeluh dan bertelanjang dada.
Seharusnya tidak hanya aku yang diawasi dan ditatap Matahari seperti ini terus.
Pa Amin juga boleh. Aku masih teringat omongan dia. "Ini harus selesai besok ya. Akan ada pengawas dari Garut," omongannya seperti bos besar saja.
Aku hanya mengiyakan dan mengerjakannya. Menulis artikel dengan Matahari yang terus menatapku, memang enak gitu dia pikir?
Ah sudahlah. Aku hanya pekerja bawahan saja. Wajar kalau kerjaku berhadapan langsung dengan Matahari yang terus kangen padaku.
***
Catatan awal
Hari ini siswa kelas 3 SMP ujian sekolah. Sudah 20 taun menjadi guru, tapi kepala sekolah ini seperti menuntunku karena baru jadi PNS. Ia berkata "Perhatikan amplop. Periksa kerapihan. Dan sebelum masuk harus baris dulu dan salam".
Setelah menjadi Ceha Narasi
Di Ruang guru, 15 menit ada rapat persiapan bagi yang mengawas hari pertama ini.
Tidak begitu resmi, tapi langsung pada masalah yang harus dikerjakan para pengawas ujian.
"Ingat, sebelum masuk. Siswa harus baris dulu di depan kelas. Disiapkan oleh KMnya dan mengucapkan salam sambil sun tangan," kata kepala sekolah berapi-api. Semangat.
Pengawas yang lain, diam. Tidak ada yang bicara. Hanya sedikit kelihatan saling tatap mata dan kasak kusuk dengan teman sebangkunya.
Aku juga tidak mengatakan apa apa. Iya saja, apa yang diingatkan oleh Kepala Sekolah.
Ya wajarlah, KS mengingatkan karena memang sudah tugasnya. Memang ada sedikit pendekatan yang berbeda. aku sudah 20 tahun menjadi guru, beliau pun sama. Jangan jadi direktur dan sekaligus jadi OB. Bagi tugas itu lebih penting.
***

Meymey

Kirim Meymey Lomba Agustusan Anda di sini.

PANDUAN LOMBA MENULIS MEYMEY HARI KEMERDEKAAN RI 17 AGUSTUS 2017

Meymey Pilihan
Meymeyer Hebat
Meymey Komentar Terbanyak
Meymeyer Terpopuler

Kumpulan Hashtag Meymey
Kriteria Meymey Yang Bagus
Jenis Meymey dan Contohnya
Koleksi Kain Cantik Shibori

Daftar Buku CH dan Meymey Yang Telah Diterbitkan
Rubrik Cerita Meymey


Catatan Harian (CH)

Catatan Harian (CH) adalah grup Facebook yang didirikan oleh Dr. Endang Kasupardi. Beliau memberikan fasilitas penerbitan buku yang dilengkapi ISBN. Semuanya gratis!

Di grup tersebut, kita bisa menulis Catatan Harian, Humor Meymey, Sajak dan Fiksi. "Yang penting nulis dulu lah, nanti kualitas akan mengikuti." Begitulah motivasi beliau yang sering saya baca.

Profil Lengkap Dr. Endang Kasupardi
Panduan CH

CH Pilihan
Cehaer Hebat

Kumpulan Hashtag CH
Kriteria CH Yang Bagus
Jenis CH dan Contohnya

Daftar Buku CH dan Meymey Yang Telah Diterbitkan



Meymey Pilihan

Berikut ini Meymey yang menarik hati Pak Guru Endang Kasupardi:

Meymeyer: Abu Waladen
Bahasa: Sunda
Keyword: Lomba Dahar

Meymeyer: Tati Mardiati
Bahasa: Sunda
Keyword: Ke agustusan weh